02 Januari, 2009

keutamaan ISTIGHFAR dan tata caranya

Manusia adalah makhluk yang lemah, adakalanya ia seringberbuat khilaf dan dosa tanpa disadarinya,namun sebaik baiknya orangyang berbuat dosa adalah yang selalu memohon ampunan atas segaladosa yang ia lakukan.Istighfar merupakan salah satu jalan tukmemohon ampunan_NYA. Istighfar mempunyai kedudukan yang tinggidalam diri seorang hamba, bahkan allah memadukannya dengan imanketika berbicara tentang kaum kuffar Mekah Al-Kahf 55:
وَمَا مَنَعَ النَّاسَ أَنْ يُؤْمِنُوا إِذْ جَاءَهُمْ الْهُدَى وَيَسْتَغْفِرُوارَبَّهُمْ إِلَّا أَنْ تَأْتِيَهُمْسُنَّةُ الْأَوَّلِينَ أَوْ يَأْتِيَهُمْ الْعَذَابُ قُبُلًا (الكهف55َ("Dan tidak ada sesuatupun yang menghalangi manusia dari beriman,ketika petunjuk telah datang kepada mereka, dan dari memohon ampunkepada Tuhannya, kecuali (keinginan menanti) datangnya hukum (Allahyang telah berlalu pada) umat-umat yang dahulu atau datangnya azabatas mereka dengan nyata".


MAKNA ISTIGHFAR
Istighfar dalam pengertian bahasa adalah memohon ampunanatas segala dosa yang dilakukan oleh seorang hamba dengan upayauntuk tidak mengulangi perbuatan tersebut.Hal ini dapat dilakukanbaik dengan perkataan maupun perbuatan, beberapa ulama mengungkapkanistighfar berasal dari kata "alghafar" yang berarti "as-satr /menutup" untuk itu dinamakan istighfar karena mengandung ma'namenutupi sebagaimana firman Allah :وَإِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ(التغابن14)"Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni(mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"At-taghabun 14.Sedangkan dalam alqur'an istighfar mempunyai beberapa pengertiandiantaranya:

1. Al-Islam: Para Ahli Tafsir seperti Mujahid dan `Akramahmengartikannya demikian berdasarkan pada ayat yang berbunyi:وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُمُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَDan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu beradadi antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka,sedang mereka meminta ampun" Al-Anfal 33.
2. Doa: Ulama yang lain mengartikannya dengan do'a, setiap do'ayang berisikan permohonan ampunan disebut istigfar,antara do'a danistighfar mempunyai kekhususan dan keumuman, Istighfar menjadikhusus jika dilakukan dengan perbuatan (al-istighfar bil a'maal)sebagaimana do'a menjadi khusus jika berisikan bukan permohonanampunan.
3. Taubat: Banyak diantara kita mengartikan Istighfar dengantaubat,sperti diatas keduanya mempunyai kekhususan dankeumuman.
Istighfar : Memohon ampunan dan perlindungan dari perbuatandosa dimasa lampau.
Taubat : Kembali dan memohan perlidungan dariperbuatan dosa yang sama dimasa yang akan datang.Ibnul Qoyyimberpendapat Istighfar dua bagian, Istighfar mufrad dan Istighfaryang diiringi dangan Taubat(maqrun). Pertama seperti ungkapan NabiNuh terhadap kaumnya,َفقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (نوح10 )maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun", Nuh:10. Yang kedua sepertifirman Allah:" وَأَنْ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًاحَسَنًا إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّىوَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْعَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubatkepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akanmemberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepadawaktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiaporang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamuberpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa harikiamat", Hud: 3.

HUKUM ISTIGHFAR
Istighfar merupakan suatu ibadah yang mulia dan salah satucara untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt,baik hal tersebut untukdirinya sendiri maupun untuk orang lain.Bagaimakah kedudukan hukumIstighfar itu sendiri?
1. Mandub. Hukum istighfar pada asalnya adalah mandub/sunnah,berdasarkan dalil al-Qur'an dalam surat Al-Muzammil 20
.وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ"
Dalam ayat tersebut terkandung makna mandub/sunnah,karena seseorangberistighfar bukan hanya karena ia melakukan maksiat/dosa,namun bisajadi beristighfar untuk dirinya sendiri,kedua orangtuanya,anak-anaknya ataupun untuk kaum muslimin baik yang sudah meninggal maupunyang masih hidup."
2. Wajib. Istighfar yang dilakuan setelah berbuat dosa,seoranghamba diwajibkan untuk segera beristighfar jika ia berbuat hal yangdilarang oleh Allah Swt.
3. Makruh, Seperti beristighfar dibelakang jenazah,karenamemang tidak ada sanadnya dan Rasulullah tidak menganjurkannya,Yangdianjurkannya adalah beristighfar bagi mayit ketika sholat jenazahdan setelah pemakamannya.
4. Haram, Seperti beristighfar untuk orang kafir, Istighfarbagi mereka tidak ada manfaatnya sama sekali,disebabkan olehkekufuran dan kefasikannya,walaupun ia saudara dekat kita,berdasarkan dalil dalam alqur'an yang berbunyi:مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَوَلَوْ كَانُوا أُوْلِي قُرْبَىمِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ (التوبة113)وَمَا كَانَ اسْتِغْفَارُإِبْرَاهِيمَ لِأَبِيهِ إِلَّا عَنْ مَوْعِدَةٍ وَعَدَهَا إِيَّاهُ فَلَمَّاتَبَيَّنَ لَهُ أَنَّهُ عَدُوٌّ لِلَّهِ تَبَرَّأَمِنْهُ إِنَّ إِبْرَاهِيمَ لَأَوَّاهٌ حَلِيمٌ (التوبة114) "
"Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang berimanmemintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupunorang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelasbagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghunineraka jahanam. Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah)untuk bapaknya tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telahdiikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka, tatkala jelas bagi Ibrahimbahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diridari padanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembuthatinya lagi penyantun".

At-Taubah 113-114 dan juga dalil lain yangberbunyi:
سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَاسْتَغْفَرْتَ لَهُمْ أَمْ لَمْ تَسْتَغْفِرْ لَهُمْ لَنْيَغْفِرَ اللَّهُ لَهُمْ إِنَّ اللَّهَلَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ (المنافقون6)"
Sama saja bagi mereka, kamu mintakan ampunan atau tidak kamumintakan ampunan bagi mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberipetunjuk kepada orang-orang yang fasik". al-Munaafiqun 6.Istighfar merupakan amalan yang mulia dan senantiasa dilakukan olehpara rasul dan waliyullah,berikut beberapa kemulian istighfar :1. Pujian Allah terhadap Al-Mustaghfirin (mereka yg selaluberistighfar), Allah Swt memuji mereka sebagaimana termaktub dalamfirmannya:الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَوَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ (آل عمران
17)(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yangmenafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun diwaktu sahur"Ali-`Imron 17, dan
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (الذاريات18)"Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar"AdzDzariyaat 18. "Ashar" adalah bentuk plural "Sahr" yang berartisepertiga malam,waktu ini dikhususkan dengan istighfar, karenaberdo'a diwaktu tersebut amat sangat mustajab.
2. Nabi Muhammad Saw selalu melakukannya, Sebagaimana yangkita ketahui dari sirahnya Rasulullah selalu melakukan perbuatanyang terbaik(afdhal) sekaligus juga selalu mudawamah (kontinuitas)dalam mengerjakannya,

Istighfar salah satu amalan yang selaludilakukan oleh Rasullullah, Dalam hadist Rasullullah bersabda: DemiAllah Aku beristighfar dan bertaubat kepada-NYA seratus kali dalamsehari. HR. Bukhari. Jika Rasullulah Saw yang ma'shum dan dosanyasudah diampuni baik dimasa lalu maupun di masa akan datang selaluberistighfar seratus kali dalam sehari, bagaimana dengan kita….?
3. Istighfar merupakan syiar para Anbiyaullah,tidak adaseorang nabipun yang tidak beristighfar dan selalu mengajak umatnyauntuk beristighfar, Nabi Adam As dan Siti Hawa beristighfar atasdosa yang telah mereka perbuat,

Firman Allah Surat Al-`Araf 23:Keduanya berkata:قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَالَنَكُونَنَّ مِنْ الْخَاسِرِينَ(الأعراف23)
"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jikaEngkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscayapastilah kami termasuk orang-orang yang merugi".
4. Istighfar merupakan asas ubudiyah,Ketika seorang hambaberistighfar ia akan merasakan betapa hina dan rendah dirinya, akanselalu merasakan bahwasanya ia tidaklah ada apa-apanya disbandingSang Khalik dan amat sangat membutuhkan-NYA dalam mengarungi bahterakehidupan. Maka dianjurkan dalam beristighfar untuk merendahkandiri, ikhlas kepada-NYA dan tentunya istighfar tersebut tidak hanyasekedar terucap dengan bibir saja namun hatipun harus digerakkan.
5. Dalam Istighfar ada maslahah yang tidak diketahui olehseorang hamba,para ulama salaf berkata, dosa seorang hamba bisamembawanya kesurga,dan amal seorang hamba bisa membawanya ke neraka,mereka berkata: Bagaimana hal ini bisa terjadi?ketika seorang hambaberbuat dosa,setiapkali mengingatnya ia menangis,menyesal danakhirnya bertobat dan beristighfar,tunduk kepada-NYA berusahamelakukan perbuatan baik tanpa mengulangi lagi dosa tersebut,maka iaakan mendapatkan rahmat-NYA dan masuk surga,sebaliknya ketika iaberbuat baik,kemudian riya',sombong,ta'jub atas pujian orangkepadanya,maka ia akan mendapat kemurkaan Allah dan akhirnya masukneraka. Tanda-tanda kebahagian adlah menjadikan perbuatan baikberada dibelkang punggungya dan perbuatan dosa didepan pelupuk matasebaliknya tanda-tanda kesengsaraan adalah menjadikan perbuatan baikdipelupuk mata dan kejelekannya dibelakang punggungnya. Alangkahberuntungnya seseorang yang sibuk dengan aibnya sendiri danmemperbaikinya serta melupakan aib orang lain

BENTUK ISTIGHFAR
Istighfar mempunyai beberapa shighah/bentuk,setiap shighahyang dipakai akan mendapatkan pahala,shighah tersebut diantaranyaadalah:
1. اللهم أنت ربي لاإله إلا أنت خلقتني, وأنا عبدك,وأنا علي عهدكووعدك مااستطعت, أعوذبك من شر ماصنعت,أبوء بنعمتك علي, وأبوءبذنبي,فاغفرلي, فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت2. أستغفرالله الذي لاإله إلا هو وأتوب إليه3. رب اغفرلي وتب علي إنك أنت التواب الرحيم4. سبحان الله و بحمده و أتوب إليه5. أستغفرالله, أستغفرالله6. اللهم اغفرلي7. غفرانك,غفرانك8. أستغفرالله الذي لاإله إلاهو الحي القيوم, وأتوب إليهJika diperuntukkan untuk orang lain :9. رب اغفرلي ولوالدي, ربنااغفرلنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمانولا تجعل في قلوبناغلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم

FAEDAH ISTIGHFAR
Istighfar mempunyai banyak faedah baik didunia maupundiakahirat,faedah tersebut ada yang memanag langsung kita rasakandan ada juga yang diakhirkan oleh Allah SWT sampai hari kiamat,diantaranya:
1. Menghapus dosa,Istighfar menghapus dosa sebagimana apimembakar kayu baker,yang dimaksud disini adalah istighfar dalamartian taubat.Allah berfirman: "Dan barangsiapa yang mengerjakankejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepadaAllah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi MahaPenyayang"An-Nisa 110وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرْ اللَّهَ يَجِدْاللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا(النساء110)Dalam hadist qudsi allah berfirman : "Wahai Hamba-hamba-KU,Sesungguhnya kalian selalu berbuat dosa mala dan siang , dan AKUmengampuni semuanya,jika kalian mohon ampunan kepada-KU,Aku akanmengampuni"
2. Akan mendapatkan rasa aman dari azab baik secar khususmaupun umum,Istighfar mengangkat azab bagi umat baik individu maupunkolektif,yang disebakan oleh dosa yang dilakukan,jika beristighfardan beriman, Allah akan mengnampuninya, sesuai firman Allah SWT:وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُمُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ(الأنفال33)Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu beradadi antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka,sedang mereka meminta ampun ", al-Anfal:333. Kenikmatan yang baik, Allah akan memberikan kehidupan yanglebih baik bagi mereka yang selalu beristighfar,mereka mendapatkanrasa aman, damai dan ketenangan jiwa,
Allah berfirman:وَأَنْ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًاحَسَنًا إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِكُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَيَوْمٍ كَبِيرٍ (هود3)
"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubatkepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akanmemberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepadawaktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiaporang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamuberpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa harikiamat". Huud:34. Istighfar sebab turunnya hujan,salah satu sebab turunnyahujan adalah banyaknya kita beristighfar,
Allah berfirman:فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (نوح10) يُرْسِلْالسَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا(نوح11)maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkanhujan kepadamu dengan lebat", Nuh:10-115. Istighfar sebab bertambahnya kekuatan,Istighfar mampumenyuntikkan kekuatan bagi jasmani dan rohani,dan dengannya mampumenanggung beban,Allah berfirman:وَيَاقَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلْ السَّمَاءَعَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْقُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ (هود52)Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalubertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangatderas atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu,dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." Hud :526. Menghilangkan kesusahan dan memudahkan rezeki,denganistighfar segala keluh kesah akan sirna dan rezeki akan datangsecara tak terduga,sebagaimana Sabda Rasulullah: Barang siapa yangselalu beristighfar,maka Allah akan menjadikan keluhkesahkegembiaran,kesempitan menjadi keleluasaan HR.Ahmad & Abu Daud.

Banyak faedah yang didapatkan dari istighfar, tentunya semakin sering kita beristighfar semakin dekat kita kepada Sang Khalik,haltersebut hendaknya dilakukan secara mudawamah terus menerus tanpa henti.Sesungguhnya kita adalah makhluk yang lemah kita membutuhkanistighfar sebagaimana makan dan minum.Istighfar melepaskan hambadari perbuatan yang makruh menjadi mahbub (yang dicintai),yangkurang menjadi lebih sempurna,mengangkatnya ke derajat yang lebihtinggi/sempurna.

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar