05 Juni, 2009

Kajian Sejarah : Raja Kerajaan Mataram dan Kerajaan Brunei termasuk Keturunan Nabi Muhammad SAW

JANGAN heran kalau di Brunei Darussalam ada sejumlah tokoh yang disebut sebagai Pangiran Dipanegara. Di sana sebutan itu menjadi gelar resmi bagi kerabat kerajaan yang dianggap mengharumkan nama negara. Dan ini diakui paling tidak oleh Prof. Dr. Haji Awang bin Mohammad Jamil Al-Sufri, 72 tahun, ahli sejarah di Istana Brunei. Sebutan itu merupakan sisa pengaruh Jawa di negeri petrodolar itu. Bukan hanya itu. Haji Awang punya catatan bahwa Sultan Hassanul Bolkiah punya hubungan darah dengan keturunan Raja Mataram, seperti Sultan Hamengkubuwono X dari Yogya. Titik temu silsilah kedua sultan ini, menurut Haji Awang, ada pada diri Sunan Giri Muhammad Ainul Yaqqin Sahibul Qairi, penyebar agama Islam di Jawa Timur tahun 1500-an. Pendapat kontroversial versi Haji Awang ini dikemukakan dalam simposium sejarah di Kampus UGM Yogya dua pekan lalu.

Dalam forum ini, Haji Awang membawakan makalah yang mengulas hubungan Brunei dengan Jawa beradad-abad lalu. Dan tak tanggung- tanggung, ia membawa pula skema silsilah yang mempertautkan dinasti Brunei dan Mataram. Syahdan, menurut Haji Awang, Sunan Giri punya cicit bernama Raden Mas Ayu Siti Aisyah. Ketika dewasa, Aisyah disunting oleh Sultan Abdul Jalilul Akbar. Pasangan inilah yang kemudian menurunkan Sultan Bolkiah, Sultan Brunei Darussalam saat ini. Dari istri yang lain, Sunan Giri juga menurunkan cicit yang disunting oleh Panembahan Senopati, perintis dinasti Mataram. Dari pasangan ini kemudian lahir Panembahan Seda Krapyak. Sang Panembahan melahirkan Sultan Agung.

Selajutnya, lahirlah penguasa Mataram yang kini menyisakan empat keraton, dua di Yogya dan dua di Solo. Kalau cuma sampai di situ, silsilah yang dibawa Haji Awang ke Yogya itu tak cukup spektakuler. Kalau direntang lagi ke belakang, lewat garis yang rumit, silsilah ini mengatakan hal yang luar biasa: dinasti Brunei dan Mataram sama-sama punya hubungan darah dengan dinasti Majapahit sekaligus Sayidina Husin, cucu Nabi Besar Muhammad SAW.

Asal tahu saja, silsilah itu diterbitkan oleh Jabatan Pusat Sejarah Kementrian Kebudayaan-Belia dan Sukan Brunei Darussalam. Simpulnya lagi-lagi Sunan Giri. Oleh Haji Awang, Sunan Giri disebut lahir dari Sunan Ampel, tokoh syiar Islam di Jawa Timur yang menikahi Putri Sekardadu, cicit Raja Majapahit Prabu Hayam Wuruk. Sunan Ampel sendiri, menurut catatannya, adalah keturunan ke-21 dari Sayidina Husin. Namun, jalur Sultan Bolkiah ke Nabi Muhammad tak hanya lewat Sunan Giri. Sultan Abdul Jalilul Akbar, katanya, punya garis silsilah sendiri ke Nabi Muhammad, dari jalur ayahnya.

Kerajaan Brunei sendiri, menurut Haji Awang, sudah lahir tahun 500 Masehi. Brunei menjadi negara Islam, katanya, sejak zaman pra-Majapahit. Alkisah, seorang Raja Brunei, yang oleh profesor sepuh ini disebut sebagai Raja Chermin, berlayar ke Jawa. Ia membawa putrinya, Siti Fatimah. Misinya adalah mengislamkan Raja Jenggala yang ketika itu bergelar Prabu Angka Wijaya. Bila mau masuk Islam, sang Prabu akan dihadiahi putrinya. Tapi Angka Wijaya menolak. Raja Chermin kecewa. Ia dan rombongannya meninggalkan istana. Sebelum pulang, mereka beristirahat di Desa Leran, dekat Gresik. Malang, Siti Fatimah dan beberapa pengikutnya meninggal, lalu dimakamkan di situ. Kompleks pemakaman itu kemudian diurus Maulana Malik Ibrahim, sepupu Raja Chermin, yang telah menjadi penyebar Islam di Jawa Timur. Kebesaran Majapahit sempat membuat Brunei surut. Ekspansi Gajahmada menjadikan Brunei kerajaan jajahan. Tapi identitasnya tak terganggu: tetap kerajaan Islam.

Sepeninggalnya Gajahmada, Brunei kembali merdeka. Sepintas, cerita Haji Awang itu memukau. Makam Siti Fatimah di Leran itu memang benar adanya dan sekarang dikenal sebagai situs sejarah Islam tertua di Indonesia. Di kalangan arkeolog, situs ini dikenal sebagai Makam Fatimah dengan sederet keterangan dalam tulisan Arab.

2 komentar:



  1. Do you need an urgent loan we offer worldwide loan to who in need of loan the business opportunity you having being looking for is here again. email us now at: qmank011@gmail.com
    LOAN APPLICATION FORM
    1) Full Name:
    2) Gender:
    3) Loan Amount Needed:.
    4) Loan Duration:
    5) Country:
    6) Home Address:
    7) Mobile Number:
    8)Monthly Income:
    9)Occupation:
    )Which did you here about us.

    Best Regards.

    BalasHapus

  2. Hello, Do you need a loan from The most trusted and reliable company
    in the world? if yes then contact us now for we offer loan to all
    categories of seekers be it companies or for staff usage. We offer
    loan at 3% interest rate, Contact us via email:
    homeloan1011@gmail.com

    BalasHapus