11 Maret, 2009

Mengenal Sifat dan Fisik Nabi Muhammad SAW

Semoga lewat penjelasan dari berbagai hadits shoheh berikut ini, dapatlah kiranya membuat kita semakin mencintai Baginda Rasulullah Muhammad shallallahi ‘alaihi wa sallam, amiin…

• Anas bin Malik r.a. meriwayatkan,
“Postur tubuh Rasulullah saw. Tidak terlalu tinggi dan tidak pendek. Kulit beliau tidak terlalu putih dan tidak gelap. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak lurus tergerai. Allah SWT.mengutus beliau, sebagai Rasul, ketika beliau memasuki usia yang keempat puluh. Beliau tinggal di Mekah selama sepuluh tahun, dan beliau tinggal di Madinah selama sepuluh tahun. Beliau wafat ketika dalam usianya yang keenam puluh tahun, sementara uban di rambut dan jenggot beliau tidak mencapai dua puluh helai.” (HR Tarmidzi, Bukhari, Muslim, Malik, dan Ahmad)

• Anas bin Malik r.a. meriwayatkan,
“Rasulullah saw. Memiliki perawakan yang sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Tubuh beliau menarik. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus tergerai. Warna kulit beliau berwarna coklat. Ketika berjalan, tubuh beliau bergoyang.” (HR Tirmidzi, Bukharu, Muslim, dan Ahmad)

• Al-Bara’ bin Azib r.a. meriwayatkan,
“Postur tubuh Rasulullah saw. Sedang (tidak tinggi dan tidak pendek). Bagian badan di antara kedua pundaknya lebar. Rambut beliau lebat, ujungnya menyentuh daun telinga bagian bawah. Beliau memiliki baju berwarna merah. Saya belum pernah melihat seseorang yang lebih tampan daripada beliau.” (HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

• Ali bin Abi Thalib menggambarkan karakter fisik Rasulullah saw.,
“Postur tubuh Rasulullah saw. Tidak terlalu tinggi dan terlalu pendek. Beliaumemiliki perawakan yang sedang dibandingkan kaumnya. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak lurus tergerai. Beliau berambut ikal, tidak gemuk, dan wajah beliau tidak terlalu bulat. Kulit beliau putih kemerah-merahan. Beliau memiliki bola mata yang hitam pekat, bulu mata yang lentik, serta bahu yang lebar tidak berbulu. Dada beliau berbulu. Telapak tangan dan kaki beliau tebal. Ketika berjalan, beliau seakan-akan melangkah menuruni tanah yang landai. Ketik menoleh, bliau menoleh (berbalik) dengan seluruh badan. Di antara kedua bahu beliau terdapat tanda kenabian. Beliau adalah nabi terakhir, manusia yang paling lapang dada, ucapannya paling bisa dipecaya, karakternya paling lembut, dan cara bergaulnya paling mulia. Siapapun yang pertama kali melihat beliau, pasti akan segan. Tetapi, orang yang telah lama bergaul dengan beliau pasti mencintai beliau. Siapapun yang mencoba menggambarkan karakter beliau pasti berkata,’Aku tidak pernah melihat seseorang pun yang sama seperti Rasulullah saw, baik sebelum maupun setelah beliau (wafat).’ “ (HR tirmidzi, Ibnu Sa’d dan Baihaqi)

• Hasan bin Ali r.a. meriwayatkan,
“Saya pernah bertanya pada paman saya, Hindun ibnu Abi Halah—yang sangat pandai menggambarkan sesuatu – tentang karakteristik fisik Rasulullah saw. Saya menginginkan agar ia menggambarkan sifat-sifat beliau yang mirip dengan sifat-sifat saya. Hindun menjawab,”Tubuh Rasulullah saw. Besar. Wajah beliau bersinar seperti bulan purnama. Postur tubuh beliau lebih tinggi daripada ukuran tubuh yang biasa serta lebih pendek dari pada ukuran tubuh orang yang jangkung dan kerempeng. Kepala beliau besar dan rambut beliau ikal. Apabila rambut beliau mulai memanjang, maka beliau pun menyisirnya. Jika tidak (disisir), maka ketika rambut beliau ketika tergerai, tidak pernah melebihi bagian bawah daun telinga beliau. Kulit beliau cerah, putih kemerah-merahan. Dahi beliau lebar, alis beliau melengkung,dan panjang; kedua alisnya hampir menyatu. Diantara kedua alis tersebut, terdapat urat yang memerah ketika beliau marah. Beliau memiliki hidung yang mancung dengan bagian atas yang bercahaya sehingga orang yang tidak memperhatikan dengan cermat akan mengira bahwa hidung beliau bengkok. Jenggot beliau lebat dan kedua pipi beliau datar. Mulut beliau lebar, antara gigi dan gigi beliau yang lain berjarak, dada beliau berbulu halus. Leker beliau jenjang dan indah. Postur tubuh beliau bagus dan gemuk ideal. Perut beliau sama rata dengan dada. Dada beliau lebar. Tubuh antara dua bahu beliau juga lebar. Persendian tubuh beliau besar, sementara bagian tubuh yang tidak berbulu tampak bercahaya. Di antara bagian atas dada dan pusar beliau, terdapat bulu tipis yang tampak seperti garis. Tetapi, kedua susu dan perut beliau tidak berbulu. Tangan, pundak, dan dada bagian atas beliau berbulu tipis. Tangan beliau panjang, telapak tangan beliau lebar, telapak tangan dan jari beliau tebal, dan jari –jemari beliau panjang. Di tengah-tengah telapak kaki beliau tidak menyentuh tanah. Kedua telapak kaki beliau begitu halus sehingga air pun tidak menempel – air yang mengenainya langsung hilang, tanpa meninggalkan bekas. Ketiak berjalan, tubuh beliau bergoyang. Beliau berjalan dengan tenang dan dengan langkah yang lebar. Ketika beliau sedang jalan seakan-akan beliau sedang menuruni tanah yang landai. Ketika menoleh, beliau menoleh (berbalik) dengan seluruh badan beliau. Beliau sering menundukan pandangan – beliau lebih sering memandang ke bawah dari pada mendongak ke atas. Beliau selalu melihat sesuatu dengan penuh perhatian. Ketika berjalan bersama para sahabat, beliau selalu membiarkan mereka berjalan di depan, dan setiap kali bertemu dengan seseorang, beliau selalu mengucapkan salam terlebih dahulu.” (HR Tirmidzi, Ibnu Sa’d, Baihaqi, dan Ibnu Adi)

• Jabir bn Samurah r.a. meriwayatkan,
“Saya melihat Rasulullah saw. pada sebuah malam yang terang benderang oleh cahaya bulan. Beliau mengenakan baju berwarna merah. Saya menatap beliau dan memandang bulan. Sungguh, menurutku, beliau lebih indah daripada bulan.” (HR Tirmidzi, Darimi, Abu Syaikh, Hakim, dan Tabrani)

• Diriwayatkan bahwa seorang lelaki bertanya kepada al-Bara’ ibnu Azib r.a.,
“Apakah wajah Rasulullah saw. (berkilau) seperti pedang?’Al-Bara’ menjawab,’Tidak. Wajah beliau bagaikan bulan.” (HR Tirmidzi, Bukhari,Darimi, dan Ahmad)

• Abu Hurairah .r.a. meriwayatkan bahwa RAsulullah saw. Bersabda,
“Para nabi diperlihatkan kepadaku. Aku melihat Musa as.: ternyata ia seperti seorang laki-laki dari Syanuah1. Aku melihat Isa ibnu Maryam as.; ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah Urwah Ibnu Mas’ud.2 kemudian aku juga melihat Ibrahim as.; ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah sahabat kalian ini (maksudnya, Rasulullah saw. Sendiri). Lalu kulihat jibril as.; dan ternyata orang yang kulihat paling mirip dengannya adalah Dihyah.” (HR Tirmidzi, Muslim ,dan Ahmad)

1. Syanuah adalah nama kabilah di Yaman. Orang-orang dari kabilah ini biasanya memiliki tubuh yang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

2. Urwah ibnu Mas’ud ats-tsaqafi adalah lelaki yang di utus oleh kaum Quraisy untuk menemui Rasulullah saw. Saat perjanjian Hubaidiyah, kemudian ia masuk Islam pad athun 9 hijriah. Urwah ini lah yang di maksud dalam firman Allah swt.
“Mengapa al-Qur’an ini tidak di turunkan kepada orang besar(kaya dan berpengaruh) dari salah satu dua negeri ini (Mekah dan taif)?” (az-Zukhruf [43]: 31)

3. Dihyah al-Kalbi adalah seorang sahabat yng turut serta dalam banyak peperangan bersama Rasulullah saw. Setelah perang badar. Ia juga turut dalam peristiwa Bai’tur-Ridhwan. Jibril sering kali mendatangi Rasulullah saw. Dengan menyerupai Dihyah ini. Dihyah sendiri tinggal di Syam, lalu pindah ke Miszzh hingga ia wafat di sana pada masa pemerintahan Mu’awiyah. Dihyah pulalah yang diutus Rasulullah saw. Untuk menemui Heraklius.

• Sa’id Al-Jurairi meriwayatkan bahwa Abu Thufail berkata,
“Saya pernah melihat Nabi saw., dan tidak ada lagi di muka bumi ini seorang pun yang pernah melihat beliau selain diriku.’ Sa’id bertanya,’Gambarkanlah beliau kepadaku!’ Abu Thufail berkata, ‘ beliau putih, elok, dan sedang (tidak gemuk dan tdak kurus; tudak tinggi dan tidak pendek).” (HR Tirmidzi, Muslim, Baihaqi Ibnu Sa’d, dan Bagawi)

• Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan,
“Gigi depan Rasulullah saw. Tampaknya renggang. Ketika berbicara, diantara gigi depan beliau itu seperti keluar cahaya.” (HR Tirmidzi, Bagawi, Darimi, Baihaqi dan Thabrani).

Tanda Kenabian Rasulullah SAW.

Sa’id bin Yazid r.a. meriwayatkan,
“Bibi membawa saya menghadap Nabi saw. Bibi berkata,’Wahai Rasulullah! Keponakanku ini sakit. ’Maka, Beliau mengusap kepalaku dan mendoakan keberkahan untuk saya, lalu beliau berwudhu, kemudian saya meminum bekas air wudhu beliau. Setelah itu, saya berdiri di belakang beliau, seketika saya melihat tanda kenabian di antara kedua pundak beliau, bentuknya seperti kancing tirai.” (HR tirmidzi, Bukhari, Muslim, dan Thabrani)

• Jahir bin Samurah r.a. meriwayatkan,
“Saya melihat tanda kenabian di antara kedua pundak Rasulullah saw. Yaitu daging berwarna merah sebesar telur burung merpati.”(HR Tirmidzi,Muslim dan Ahmad)

• Rumaitsah r.a. juga meriwatkan,
“Saya mendengar Rasulullah saw. _ saya sangat dekat dengan beliau sehingga seandainya aku mau mencium tanda kenabian yang ada di antara kedua pundak beliau, niscaya saya bisa melakukannya- berkata kepada Sa’d bin Muadz ketika ia wafat,’Karena kematian Sa’ad’Arsy Allah bergetar.’ “ (HR Tirmidzi dan Ahmad)

• Ibrahim bin Muhammad meriwayatkan,
“Jika Ali bin Abi Thalib r.a. menggambarkan karakteristik fisik Rasulullah saw. Kemudian Ibrahim menyebutkan sebuah Hadist yang panjang – ia berkata,’Di antara kedua pundak beliau ada tanda kenabian, dan beliau adalah penutup para nabi.’ “(HR Tirmidzi,Ibnu Sa’d,Baihaqi)

Abu Zaid Amru bin Al-Akhthab al-Anshari r.a. berkata kepada Ilba’bin Ahmar,
“Rasulullah saw. Pernah berkata kepada saya,’Wahai Abu Zaid! Mendekatlah dan usaplah punggungku !’ Maka saya pun mengusap punggung beliau, seketika jari-jemari saya menyentuh tanda(kenabian).’ Ilba’ bertanya,’seperti apa tanda kenabian itu?’ Abu zaid menjawab,’ Gumpalan rambut.’ “ (HR Tirmidzi dan Ahmad)

• Abu Buraidah r.a meriwayatkan,
“Ketika Rasulullah saw. Baru tiba di Madinah, Salman al-Farisi1 mendatangi beliau dengan membawa meja makan berisi kurma seraya meletakannya di hadapan beliau. Rasulullah saw. Bertanya, ‘Wahai Salman, apa ini?’ Salman menjawab,’ Ini adalah sedekah untuk engkau dan sahabat engkau.’ Maka beliau menjawab,’ Bawalah kurmamu ini. Sungguh kami tidak (boleh) menerima sedekah.’ Salman pun membawanya. Keesokan harinya, ia kembali datang dengan membawa kurma yang sama seraya meletakannya di hadapan beliau. Beliau pun kembali bertanya,’Wahai Salaman apa ini?’ Salman menjawab, ‘Ini adalah hadiah untuk engkau.’ Maka beliau berkata pada para sahabat beliau, ‘berkumpullah (untuk makan)!’ saat itu, Salman melihat tanda kenabian di punggung Rasulullah saw. Maka ia pun beriman kepada beliau. Setelah itu, Rasulullah membeli sebidang tanah dari seorang Yahudi dengan harga sekian dirham untuk ditanami dengan pohon kurma. Di Tanah itulah Salman bekerja hingga bisa menghidupi dirinya sendiri. Seluruh pohon itu ditanam sendiri oleh Rasulullah saw. Keculai sebatan pohon yang di tanam oleh Umar. Maka kurma-kurma itu berbuah pada tahun itu juga, keculai sebatang pohon yang ditanam Umar. Rasulullah saw,bertanya, ‘Ada apa dengan sebatang pohon ini?’ Umar menjawab, ‘ Wahai Rasulullah sayalah yang menanamnya.’ Seketika, beliau segera mencabut itu lalu menanamnya kembali. Maka pohon itu pun berbuah pada tahun itu juga.” (HR Tirmidzi dan Ahmad)

Salaman al-Farisi adalah seorang sahabat terkemuka. Nama “al-Farisi” berasal dari kata Fâris yang berarti Persia. Dikisahkan bahwa Salman mendengar beberapa Rahib meramalkan munculnya seorang nabi di tanah Hijaz. Para rahib itu menerangkan karakteristik nabi itu, antara lain, bahwa beliau menerima hadiah,tetapi tidak menerima sedekah, serta adanya tanda kenabian di tubuh beliau. Salman pun ingin membuktikan hal itu. Maka ia melakukannya. Ia pun masuk Islam.

• Abdullah bin Sarjis r.a. meriwayatkan,
“Saya pernah mendatangi Rasulullah saw. Ketika beliau sedang bersama sekelompok sahabat. Saya mondar-mandir di belakang beliau. Beliau pun mengetahui apa yang saya inginkan. Maka beliau melepas selendang yang menutupi punggung beliau. Saya melihat tanda kenabian di pundak beliau sebesar kepalan tangan. Di sekelilingnya ada titik-titik seperti kutil, kemudian saya maju kehadapan beliau dan berkata, Wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab,’ Semoga engkau pun begitu.’ Orang-orang bertanya kepada Abdullah,’benarkah Rasulullah saw. Memohonkan ampunan untukmu?’ Abdullah membaca ayat,’…dan mohonlah ampunan atas dosamu dan atas (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan…’ (Muhammad [47]: 19).” (HR Tirmidzi, Muslim,Ahmad, Ibnu

Uban Rasulullah

• Qatadah meriwayatkan,
“Saya bertanya kepada Anas bin Malik,’Apakah Rasulullah saw. Mewarnai rambutnya? Ia menjawab, “Rasulullah saw. tidak pernah melakukannya, meski pada kedua pelipisnya terdapat uban. Tetapi, Abu Bakar pernai mewarnai rambutnya dengan inai dan al-katm. “ (HR Tirmidzi,Bukhari,Muslim,Nasa’i,Ahmad, dan Abu Dawud)

• Anas bin Malik meriwayatkan,
“Saya hanya dapat menemukan empat belas uban pada rambut dan jenggot Rasulullah saw.” (HR Tirmidzi,dan Ahmad)

• Jabir bin Samurah meriwayatkan,
“Jika Rasulullah saw. memakai minyak rambut, uban beliau tidak terlihat.Tapi, ketika beliau tidak memakai minyak rambut, nampaklah uban beliau.” (HR Tirmidzi,Muslim,Nasa’i,dan Ahmad)

• Ibnu Abbas meriwayatkan,
“Abu Bakar berkata kepada Rasulullah saw., ‘Wahai Rasulullah, anda telah beruban.’ Maka beliau bersabda,’ Yang membuatku beruban adalah surah Hud, al-Waqi’ah, al-Mursalat, an-Naba’, dan surah at-Takwir.’ “ ( HR Tirmidzi,Ibnu Sa’d, dan Hakim)

• Abu Ramtsah at-Taimi meriwayatkan,
“Saya mendatangi Nabi bersama anak saya, kemudian saya menunjukan Rasulullah kepada anak saya dan berkata, ‘ Inilah Nabi Allah SWT. ‘Beliau mengenakan dua helai pakaian hijau. Beliau memiliki rambut yang telah beruban. Uban beliau berwarna merah.’ “
(HR Tirmidzi,Abu Dawud, Nasa’i, dan Ahmad)

• Sammak bin Harb meriwayatkan,
“Seseorang bertanya kepada Jabir bin Samurah,’ Apakah di rambut Raulullah saw. Ada uban?’ Jabir menjawab, ‘ Rambut Rasulullah saw. tidak beruban, kecuali dibelahan rambutnya yang tertutup minyak rambut ketika beliau memakainya.’ “ (HR.Tirmidzi,Muslim,Nasa’i,dan Ahmad)

Menyemir Rambut

• Abu Ramtsah meriwayatkan,
“Saya mendatangi Rasulullah saw. bersama anakku. Beliau bertanya, Apakah ini anakmu? ‘ Saya menjawab,’ Ya, dia benar-benar anakku.’ Beliau berkata, ‘ia tidak akan di bebani oleh dosamu dan kamu tidak akan di bebabni dengan dosanya.’ Saat itu saya melihat uban Rasulullah saw. Berwarna merah. “(HR Tirmidzi,Abu Dawud,Nasa’i, Dan Ahmad)

Tirmidzi mengatakan, “Hadits inilah yang paling baik daripada hadits yang lain dalam hal menjelaskan tentang uban Rasulullah saw. Hadits ini juga menjelaskan apa yang dimaksud dalam riwayat-riwayat lain yang sama-sama sahih bahwa rambut Rasulullah saw. tidak sampai beruban.” Sedangkan nama Ali Abu Ramstsah adalah Rifa’ah bin Yatsribi at-Taimi.

• Utsman bin Mauhab meriwayatkan,
“Abu Hurairah r.a pernah ditanya, ‘Apakah Rasulullah saw. Mewarnai rambutnya?. Abu Hurairah mengiyakan.” (HR Tirmidzi)
Tirmidzi mengatakan, “Hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Awanah, dari Utsman bin Abdullah bin Mauhab, dari Ummu Salamah.”

• Jahdzamah al-Khashashiyah meriwayatkan,
“Saya melihat Rasulullah keluar rumah dan mengeringkan rambut beliau dengan handuk. Saat itu, beliau baru saja mandi. Saya melihat pewarna dari daun inai di rambut beliau.’ Tirmidzi berkata, ‘Guruku ragu apakah periwaatan sebelumnya menggunakan redaksi ‘rad’un’ atau ‘radghun’.” (HR Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad)

2. Anas meriwayatkan,
“Saya melihat rambut Rasulullah saw. disemir.” (HR Tirmidzi dan Muslim)

1. Rasulullah saw. Mengganti namanya menjadi Laila. Sedangkan al-Khashashiyah berasal dari nama ibunya.
2. Rad,un adalah bahan pewarna. Terbuat dari daun Za’faran dan rus. Sedangkan radghun adalah gumpalan pewarna yang menempel di kepala, baik terbuat dari daun pacar, Za’faran, maupun yang lainnya. Guru dari imam Tirmidzi yang di maksud dalam hadits di atas adalah Ibrahim bin Harun.
3. Pendapat yang paling kuat menyatakan bahwa Rasulullah saw. memang pernah menggunakan pewarna rambut. Tetapi, beliau hanya menggunakan sesekali.. Hal itu diperkuat oleh hadits yang di riwayatkan oleh Ibnu Umar dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim- sebuah hadits yang tidak mungkin diragukan serta tidak mungkin ditafsirkan dengan cara lain. Wallahu a’lam.

Bercelak

• Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda,
“Hendaklah kalian bercelak dengan menggunakan batu celak (al-itsmid), sebab celak dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu (mata).” (HR Tirmidzi, dan Abu Dawud ath-Thayalisi).

Ibnu Abbas juga berkata,
“Rasulullah saw.. memiliki sebuah wadah celak yang beliau gunakan untuk bercelak setiap malam, sebanyak tiga kali ke sini (Mata kanan) dan sebanyak tiga kali ke sini( mata kiri).” (HR Tirmidzi,Ibnu Majah,Ahmad,dan Hakim)

• Ibnu Abbas meriwayatkan,
“Sebelum tidur, Rasulullah saw. (suka) Memakai celak degan menggunakan batu celah (al-itsmid), sebanyak tiga kali di tiap-tiap mata beliau.” (HR Tirmidzi)

Yazid bin Harun meriwayatkan,
“Rasulullah saw. memiliki sebuah wadah celak yang beliau gunakan untuk bercelak setiap kali hendak tidur, sebanyak tiga kali di tiap-tiap mata beliau.” (HR Tirmidzi)

• JAbir bin Abdullah meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. Bersabda,
“Hendaklah kalian bercelak dengan menggunakan batu celak (al-itsmid), ketika hendak tidur, sebab celak dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu (mata).”

• Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda,
“Alat celak yang paling baik bagi kalian adalah batu celak (al-itsmid) karena hal itu dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu (mata).” (HR Tirmidzi,Abu Dawud, Ibnu Majah,Nasa’i, dan Ahmad)

• Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda,
“Hendaklah kalian (Memakai celak) dengan menggunakan batu celak (al-itsmid), ketika hendak tidur, sebab celak dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu mata.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Adi)

Berpakaian

• Ummu Salamah meriwayatkan,
“Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah saw. adalah baju gamis.” (HR Tirmidzi dan Abu Dawud)

• Ummu Salamah meriwayatkan, (dengan sanad yang berbeda),
“Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah saw. adalah baju gamis.” (HR Tirmidzi dan Abu Dawud)

• Asma’ binti Yazid meriwayatkan,
“(Panjang) lengan baju Rasulullah saw. Hingga pergelangan tangan.” (HR.Tirmidzi,Nasa’i,dan Abu Dawud)

• Qurrah meriwayatkan,
“Saya pernah mendatangi Rasulullah saw. bersama sekelompok orang dari kabilah Muzainah untuk berbai’at kepada beliau. Saat itu, pakaiana beliau terbuka—barangkali ia mengatakan bahwa kancing baju Rasulullah terlepas. Kemudian saya memasukan tangan ke dalam saku baju beliau, maka tangan saya menyentuh sebuah cincin.” (HR Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu majah, Ibnu Hibban, dan Ahmad)

• Anas bin Malik meriwayatkan,
“Suatu hari, Nabi saw. keluar rumah dengan bertelakan kepada Usamah bin Zaid. Ketika itu, beliau mengenakan pakaian dari daerah Qithr yang melakat di pundak beliau, kemudian beliau melaksanakan shalat berjamaah bersama para sahabat.” (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Hibban)

• Abu Sa’id al-Khudri meriwayatkan,
“Apabila Rasulullah saw. mengenakan pakaian baru, beliau menamakan pakaian itu dengan namanya, seperti serban, baju, atau selendang. Setelah itu, beliau berdoa, ‘Ya Allah Segala puji hanya bagi-MU, sebagaimana Engkau telah memberi aku pakaian. Aku mohon kepada-Mu kabaikan pakaian ini, serta kebaikan sesuatu yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini, serta keburukan sesuatu yang diciptakan untuknya.” (HR Tirmidzi,Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Ahmad)

• Anas bin Malik meriwayatkan,
“Pakaian yang paling disukai Rasulullah saw. adalah hibarah (jenis pakaian berasal dari Negara Yaman).” (HR Tirmidzi,Bukhari,Muslim, Abu Dawud,Nasa’i, dan Ahmad)

• Abu juhaifah meriwayatkan,
“Saya melihat Rasulullah saw. mengenakan pakaian berwarna merah, seakan-akan saya bisa melihat kilauan dari betis beliau.’ Sufyan berkata,’ Hemat saya, yang dimaksud dengan pakaian berwarna merah itu adalah Hibarah. “ (HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Dan Ahmad)

• Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda,
“Hendaklah kalian mengenakan pakaian yang berwarna putih; orang-orang yang masih hidup di antara kalian, hendaklah mengenakan pakaian berwarna putih. Dan orang-orang yang telah meninggal dunia, hendaklah dikafani dengan kain yang berwarna putih. Sungguh, pakaian berwarna putih itu merupakan bagian pakaian yang paling baik bagi kalian.” (HR.Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah,dan Ahmad)

• Samurah bin Jundab meriwayatkan bahwa Rasulullah saw, bersabda,
“Hendaklah kalian mengenakan pakaian berwarna putih. Sungguh, pakaian berwarna putih itu lebih suci dan lebih baik bagi kalian. Dan hendaklah kalian mengafani orang-orang yang meninggal dunia dengan kain kafan yang berwarna putih.” (HR Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Abu Dawud ath-Thayalisi, Baihaqi, dan Hakim)

• Aisyah meriwayatkan,
“Pada suatu pagi, Rasulullah saw. keluar dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari bulu-bulu berwarna hitam.” (HR Tirmidzi,Muslim,dan Ahmad)

• Mughirah bin Syu’bah meriwayatkan,
“Rasulullah saw. pernah mengenakan jubah Romawi, dimana lengan jubah itu sempit.” (HR Tirmidzi,Bukhari,Muslim,Abu Dawud,Nasa’I,dan Ahmad)

Kehidupan Rasulullah

• Muhammad bin Sirin meriwayatkan,
“Suatu hari, kami bersama Abu Hurairah r.a.. yang sedang mengenakan pakaian berwarna merah tanah dan terbuat dari katun. Kemudian Abu Hurairah membuang ingus pada salah satu dari kedua pakaiannya itu. Ia berkata, ‘Wah ! wah !’ Lalu ia kembali membuang ingus pada pakaiannya. Ketika itu, saya tersungkur ke tanah, tepat di antara mimbar Rasulullah saw. dan kamar Aisyah; saya nyaris pingsan karena kelaparan. Kemudian seseorang datang dan meletakan kakinya di atas leher saya, ia mengira bahwa saya orang gila. Padahal, saya bukan orang gila. Saya hanya kelaparan.” (HR Tirmidzi dan Bukhari)

• Malik bin Dinar meriwayatkan,
“Rasulullah saw. sama sekali tidak pernah memakan roti ataupun daging sampai kenyang kecuali ketika dhafaf.’ Malik bin Dinar berkata, ‘ Saya bertanya kepada seorang pendududuk Badui,’ Apa yang di maksud dengan Dhafaf? ‘ ia menjawab, ‘Yaitu ketika seseorang mengonsumsi makanan bersama orang banyak. ‘ “ (HR Tirmidzi)

Sepatu Rasulullah

• Buraidah meriwayatkan,
“Suatu pagi, raja Najasyi1 memberi hadiah sepasang sepatu berwarna hitam pekat kepada Rasulullah saw. Beliau pun memakainya, kemudian berwudhu dan mengusap sepatu tersebut.” (HR Trmidzi,Ibnu Majah,dan Ahmad)

Najasyi adalah gelar yang diberikan kepada raja Habyi. Pada masa Rasulullah saw.,nama raja Habsyi itu adalah Ashhamah. Ia adalah salah satu raja yang di ajak Nabi saw. untuk memeluk Islam. Ajakan itu disampaikan melalui surat yang diantar oleh Amru bin Umayah adh-Dhamri. Berdasarkan pendapat mayoritas sejarawan, Najasyi masuk Islam pada tahun ke enam Hijriah.

• Mughirah bin Syu’bah meriwayatkan,
“Dihyah pernah memberi hadiah sepasang sepatu kepada Rasulullah saw.beliau pun memakainya. “ (HR Tirmidzi)

Di dalam hadits yang di riwayatkan oleh Amir, Hadits di atas ditambahkan dengan redaksi berikut ini,
“…dan jubah. Kemudian NAbi saw. memakai keduanya hingga rusak. Beliau tidak mengetahui: Apakah (Sepatu dan jubah itu) berasal dari kulit binatang yang disembelih dengan cara yang sesuai dengan Syariat atau tidak.” (HR Tirmidzi)
Bentuk sandal Rasulullah

• Qatadah meriwayatkan,
“Saya bertanya kepada Anas bin Malik,’ bagaimana bentuk sandal Rasulullah saw.?’ Anas bin Malik menjawab, ’Sepasang sandal beliau menggunakan dua buah qibal.“ (HR.Tiimidzi,Bukhari,Abu Dawud,Ibnu Majah,dan Ahmad)
Qibal adalah pelana sandal, yaitu batas depan sandal berupa tali yang diletakkan di antara dua jari kaki.

• Isa bin Thahman meriwayatkan,
“Suatu ketika, Anas bin MAlik memperlihatkan sepasang sandal yang gundul tak berbulu dan menggunakan dua qibal kepada kami. Kemudian Tsabit memberitahukan kepada saya- Bahwa menurut Anas- kedua sandal itu adalah milik Rasulullah saw. “ (HR Tirmidzi dan Bukhari)

• Ubaid bin Juraij pernah berkata kepada Ibnu Umar, ‘Saya pernah melihat anda menggunakan sandal sibtiyyah (gundul tanpa bulu).” Ibnu Umar berkata,
“Saya melihat Rasulullah saw. Menggunakan sandal yang gundul tak berbulu. Beliau pun berwudhu tanpa melepaskannya. Karena itu, saya pun suka menggunakannya.” (HR.Tirmidzi,Bukhari,Abu Dawud,MAlik,dan Ahmad)

• Amru bin Huraits meriwayatkan,
“Saya melihat Rasulullah saw.mendirikan shalat dengan menggunakan sepasang sandal yang berlubang (bertambal).” (HR Tirmidzi dan Ahmad)

• Abu Hurairah meriwayatkan,
“Salah seorang di antara kalian tidak boleh berjalan dengan menggunakan satu sandal (bukan sepasang). Hendaklah ia menggunakan atau melepaskan keduanya.” (HR..Tirmidzi,Bukhari,Muslim,Abu Dawud,Ahmad,MAlik,dan Ibnu Majah)

• Jabir meriwayatkan,
“Nabi saw. melarang seseorang untuk makan menggunakan tangan kiri atau berjalan menggunakan satu sandal.” (HR Tirmidzi,Muslim, Abu Dawud, Malik,dan Ahmad)

• Abu Hurairah meriwayatkan,
“Apabila salah seorang di antara kalian menggunakan sandal, hendaklah ia memulai dari kaki kanan. Dan ketika ia melepaskannya, hendaklah ia memulai dari kaki kiri. Jadikan kaki kanan sebagai kaki pertama menggunakan sandal dan kaki kanan terakhir ketika melepaskannya. “ (HR Tirmidzi, Bukhari, Abu Dawud,Ahmad,dan Humaidi)

• Abu Hurairah meriwayatkan,
“Sandal Rasulullah saw., Abu Bakar dan Umar r.a. menggunakan dua qibal. Utsman r.a. yang pertama kali menggunakan sandal dengan satu ikatan. “ (HR Tirmidzi)

Rambut Rasulullah SAW.

Bismillahirrohmanirrohiim
Assalamu’alaikum warohmatullah wa barokaatu.

Alhamdulillaah, washshalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, wa ‘ala alihi wa shahbihi wa man walah
Amma ba’du.
Saudara-saudari kami terkasih rahima kumullah…
Semoga lewat penjelasan dari berbagai hadits shoheh berikut ini, dapatlah kiranya membuat kita semakin mencintai Baginda Rasulullah Muhammad shallallahi ‘alaihi wa sallam, amiin…

Rambut Rasulullah

• Anas bin Malik Meriwayatkan,
“Panjang rambut Rasulullah saw. sampai di setengah telinga beliau.” (HR Tirmidzi,Muslim,Abu Dawud,Nasa’I,dan Ahmad)

• Diriwayatkan bahwa Aisyah berkata,
“Saya pernah mandi bersama Rasulullah saw. dari satu wadah (air). Beliau memiliki rambut yang panjangnya tidak sampai di pundak dan tidak sampai di bagian bawah daun telinga.” (HR Tirmidzi,Ibnu Majah,Abu Dawud, dan Ahmad)
• Qatadah bertanya pada Anas, ”seperti apa ciri-ciri rambut Rasulullah saw.?” Anas menjawab,
“Rambut RAsulullah saw. berada di tengah-tengah antara keriting dan lurus, sementara panjangnya mencapai bagian bawah daun telinganya.” (HR.Tirmidzi,Bukhari,Muslim,Nasa’I,dan Ahmad)

• Ummu hani’ binti Abu Thalib meriwayatkan,
“(Pada saat fat-hu Makkah’ penaklukan kota Mekah’), Rasulullah saw. memasuki kota Makah dengan rambut yang di ikat menjadi empat bagian.” (HR Tirmidzi,Abu Dawud,Ibnu Majah,dan Ahmad)

• Ibnu Abbas meriwayatkan,
“Pada awalnya Rasulullah saw. biasa membiarkan rambutnya beliau tergerai. Saat itu, orang-orang musyrik merapikan rambut mereka, sementara Ahlul-Kitab selalu membiarkan rambut mereka tergerai. Rasulullah saw. Lebih suka meniru perilaku Ahlul-Kitab selama belum ada ketentuan dari Allah. Kemudian Rasulullah saw. Selalu merapikan rambut beliau.” (HR Tirmidzi,Bukhari,Muslim,Abu Dawud, Ibnu Majah,dan Ahmad)
Kerapihan Rambut Rasulullah

• Anas bin MAlik meriwayatkan,
“Rasulullah saw. suka memperbanyak minyak rambut, merapikan jenggot, serta sering mengenakan penutup kepala hingga pakaian beliau menyerupai pakaian penjual minyak.” (HR Tirmidzi,dan Baihaqi)

• Aisyah meriwayatkan,
“Rasulullah saw. suka mendahulukan anggota tubuh yang kanan ketika bersuci, menyisir rambut, dan ketika mengenakan sandal..” (HR Tirmidzi,Bukhari,Muslim,Abu Dawud,Nasa’I,Ibnu Majah,Dan Ahmad)

• Abdullah bin Mughaffal meriwayatkan,
“Rasulullah saw. melarang kami untuk merapikan rambut dengan berlebihan, kecuali hanya sesekali.” (HR Tirmidzi,Abu Dawud,Nasa’i,dan Ahmad)

• Seorang sahabat Rasulullah saw. meriwayatkan kepada Humaid bin Abdurrahman,
“Rasulullah saw, hanya menyisir rambutnya sesekali.” (HR Tirmidzi)

1 komentar:

  1. Subhanallah, terima kasih atas artikel dalam blog ini sangat berguna sekali dalam pencarian saya tentang Islam

    BalasHapus